Profesi Masa Depan Tidak Sama Dengan Sekarang

Image_Meida

Judul ini mengingatkan saya akan maraknya profesi yang sedang berkembang di Indonesia, yaitu GOJEK Indonesia. Mungkin dahulu sama sekali tidak pernah berpikir bahwa menjadi “tukang ojek” adalah profesi yang sangat menjanjikan untuk menghidupi kebutuhan hidup sehari-hari. Namun, seiring berjalannya waktu, sistem, dan teknologi, profesi ini seakan menjadi sebuah mimpi yang menjadi kenyataan dan menjadi kebanggaan bagi para tukang ojek untuk menghidupi diri dan keluarganya. Tidak hanya untuk seseorang yang telah memiliki background tukang ojek sebelumnya, kini profesi tukang ojek pun dimiliki oleh para karyawan maupun lulusan pendidikan yang tinggi. Lambat laun, bisnis ojek ini pun menjadi marak dan semakin menyebar luas. Kebutuhan masyarakat yang besar akan jasa antar pun tidak dapat ditolak. Para pembisnis ini semakin bersaing dan meningkatkan kualitasnya agar dapat menjaga eksistensinya ditengah-tengah masyarakat.

Saya pun pernah menonton acara reality show di salah satu stasiun televisi. Dimana acara tersebut mengundang salah satu food blogger terkenal di Indonesia. Profesi yang terlihat “sepele” itu telah menghasilkan pundi-pundi puluhan juta per-bulannya. Ketika ditanya perihal awal mula ia memulai profesinya tersebut, ia menjawab hanya berdasarkan hobi makan dan hobi menulis. Apa yang ia makan, ia tulis didalam blognya hingga ia mencoba berbagai restoran dan ia me-review “taste”-nya. Sekarang, bukan hanya ia yang ingin mengunjungi restoran-restoran, namun ia diundang oleh para pemilik restoran yang ingin memasarkan menu baru mereka. Perlu diketahui bahwa food blogger ini masih duduk di bangku kuliah dan tidak memiliki background pendidikan yang linier dengan profesi yang ia jalani sekarang.

Ketika kita di bangku sekolah dan guru bertanya “ingin menjadi apa ketika besar nanti?, pernahkah terbesit diantara kita ingin menjadi seorang food blogger? Atau profesi yang tidak pernah terpikirkan oleh orang banyak? Saya rasa sebagian dari kita menjawab ingin menjadi dokter, polisi, guru, dan profesi lainnya yang terlihat “nyata” ada ditengah masyarakat.

Benang merah yang ingin disampaikan adalah profesi yang dahulu tidak pernah kita pikirkan, menjadi sebuah profesi yang saat ini justru menjadi profesi yang menjanjikan, begitupun pada saat ini. Perkembangan zaman membuat hal yang tidak mungkin bisa menjadi mungkin dikemudian hari. Profesi masa depan akan terbentuk dari semakin berkembangnya ide-ide kreatif yang dimiliki oleh tiap individu dan inovasi, didukung dengan teknologi dan system yang semakin canggih.

Bersiaplah setiap saat. Carilah peluang-peluang profesi baru yang sedang berkembang.

“We cannot solve our problems with the same thinking we used when we created them.” Albert Einstein

VN:F [1.9.16_1159]
Rating: 9.0/10 (1 vote cast)
VN:F [1.9.16_1159]
Rating: 0 (from 0 votes)
Profesi Masa Depan Tidak Sama Dengan Sekarang, 9.0 out of 10 based on 1 rating

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>