Menjadi Wanita Karir yang Sukses

Menjadi wanita karir merupakan impian sebagian wanita setelah menyelesaikan pendidikan. Dengan bekerja seseorang dapat memantapkan identitasnya, mengekspresikan dirinya, meningkatkan harga dirinya, dan membangun relasi secara luas.

Awal memulai karir bukanlah hal yang mudah namun bukan pula hal yang perlu ditakuti. Kadangkala anda akan dikelilingi oleh keberuntungan namun ada kalanya akan di tempa oleh kegagalan. Dalam masa menuju kedewasaan, memang rasanya perlu untuk mengalami namanya kegagalan.

Kegagalan memberikan kesempatan kepada kita untuk merenung dan menata kembali hidup kita. Kegagalan memberikan kita banyak pelajaran dimana kita akan berpikir keras untuk tidak mengulanginya di kemudian hari. Terkadang kita juga baru menyadari bahwa terdapat kemampuan terpendam dalam diri kita saat berupaya untuk mengatasi kegagalan tersebut.

Untuk menjadi wanita muda yang mandiri, bekerja pada perusahaan bergengsi, serta memiliki penghasilan yang tinggi memang membutuhkan perjuangan. Di luar sana anda akan bersaing dengan jutaan pelamar baik yang sudah berpengalaman maupun yang baru saja lulus untuk menduduki suatu posisi di perusahaan. Namun janganlah menyerah sebelum anda memulai, tiap diri manusia pasti memiliki karakteristik unik yang membedakan dengan orang lain. Percaya diri dan tunjukkan siapa diri anda namun tidak secara berlebihan.

Ketika anda diberi kesempatan untuk menghadari sebuah wawancara kerja, datanglah tepat waktu. Pelajari mengenai seluk beluk perusahaan yang anda lamar dan kuasai posisi yang anda lamar. Tunjukkan bahwa anda sangat tertarik dengan perusahaan yang anda lamar. Hal lain yang tak kalah pentingnya adalah mempersiapkan dengan baik busana yang akan anda kenakan. Pilihlah pakaian yang membuat anda merasa nyaman namun tetap terkesan formal. Setelan blazer dengan rok warna yang tidak mencolok dapat menjadi pilihan yang tepat.

Kesempatan kerja sudah di depan mata dan berkat semangat yang anda miliki, anda di terima bekerja pada perusahaan impian anda. Sebagai seorang karyawan baru banyak hal yang perlu anda ketahui dan pelajari. Datanglah tepat waktu pada hari pertama kerja. Pada hari itu biasanya anda akan diajak berkeliling kantor untuk di perkenalkan dengan seluruh karyawan. Bersikaplah ramah agar karyawan lain juga menerima keberadaan anda. Saat mulai di perkenalkan dengan lingkup organisasi, bertanyalah mengenai tugas dan tanggung jawab anda. Catat hal penting yang disampaikan oleh rekan kerja anda. Tunjukkan bahwa anda mau menerima hal baru. Bila melakukan suatu kesalahan, kemukakan kesalahan yang anda lakukan dan beritahu bahwa terdapat hal-hal yang belum anda pahami. Selain itu, janganlah segan untuk membantu orang lain. Hal ini dapat menjadi jalan bagi anda untuk menjalin hubungan dengan rekan kerja.

Sebagai karyawan baru janganlah mudah menyerah untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Seiring berjalannya waktu, anda akan mulai terbiasa dengan ritme kerja pada perusahaan dan mulai dapat mengelola pekerjaan anda sendiri. Jika anda sudah merasa nyaman dengan lingkungan pekerjaan maupun bidang pekerjaan anda, biasanya anda mulai dapat menentukan skala prioritas dalam pekerjaan anda dan mulai menentukan target pekerjaan serta proses pencapaiannya.

Namun walaupun pengalaman dan pengetahuan anda mulai bertambah, bukan tidak mungkin rintangan akan kembali datang untuk menguji mental anda. Bersikaplah pantang menyerah dalam menghadapi berbagai rintangan. Anggaplah rintangan sebagai suatu kesempatan untuk meningkatkan kemampuan diri anda. Bukalah wawasan terhadap hal baru dan janganlah segan untuk bertanya kepada rekan yang lebih senior.

Menjadi wanita karir yang sukses adalah suatu proses. Proses pembelajaran yang tidak mengenal lelah. Suatu proses pengendalian diri, agar tidak mudah terjatuh ketika mengalami kegagalan. Suatu proses untuk belajar berkomunikasi dengan banyak orang. Proses menjalin relasi dengan banyak orang. Dan proses profesionalisme, dimana tidak mencampuradukkan kehidupan pribadi dengan kehidupan pekerjaan.

Semoga artikel ini dapat menjadi inspirasi bagi anda yang memiliki impian sebagai wanita karir yang sukses. Kesuksesan tidaklah datang dengan instant namun butuh pengorbanan, perjuangan, dan komitmen.

VN:F [1.9.16_1159]
Rating: 10.0/10 (1 vote cast)
VN:F [1.9.16_1159]
Rating: 0 (from 0 votes)
Menjadi Wanita Karir yang Sukses, 10.0 out of 10 based on 1 rating

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>