Mencari Lowongan Kerja Bagaikan Mencari Jodoh

persyaratan-melamar-kerja

Tak jarang, begitu lulus kuliah, Anda mendapatkan pertanyaan seperti, “Sudah melamar kerja kemana saja?” atau “Sudah diterima kerja dimana?”. Belum lagi pertanyaan selanjutnya, “Kapan menikah?”.

 

 

Tak dapat dipungkiri, usai menuntaskan perjuangan di bangku kuliah dan meraih gelar akademik, Anda akan memasuki babak perjuangan berikutnya, yaitu mencari pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan dan minat Anda, di samping juga mencari jodoh dan merencanakan pernikahan untuk kisah kehidupan Anda selanjutnya.

Di masa muda ini, Anda dapat memusatkan perhatian untuk memasuki dunia kerja terlebih dahulu. Karena melalui bekerja, Anda dapat mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah, menampilkan kreasi dan hasil kerja yang dimiliki, serta meraih pendapatan yang dapat menggemukkan pundi-pundi tabungan Anda ataupun bermanfaat bagi perekonomian Anda bersama keluarga tercinta.

Untuk mendapatkan pekerjaan dari lowongan yang tersedia, sama halnya seperti mencari jodoh, memang diperlukan upaya tersendiri agar berhasil meraih yang terbaik dan juga menunjang kesuksesan, kebahagiaan dan kenyamanan hidup Anda selanjutnya. Berawal dari pemilihan lowongan pekerjaan yang tepat akan menunjang pengembangan karir dan pendapatan Anda di masa yang akan datang.

 

Tentukan Upaya yang Bertujuan

Sebelum mencari lowongan pekerjaan, ada baiknya Anda menetapkan terlebih dahulu bidang kerja seperti apa yang akan Anda tekuni dan juga menetapkan tujuan serta cita-cita Anda kelak di dunia kerja. Anda dapat membayangkan jenis pekerjaan seperti apa yang akan ditekuni, lokasi tempat kerja, lingkungan sosial di tempat kerja, dan lainnya. Hal ini penting Anda lakukan agar Anda dapat lebih tepat dan fokus dalam memilih lowongan pekerjaan.

Bila Anda telah memiliki bayangan mengenai jenis dan lingkungan pekerjaan yang akan dijalani, maka hal ini akan memudahkan Anda dalam mencari dan memilih lowongan pekerjaan. Anda dapat mencari informasi lowongan kerja yang dituju melalui berbagai media yang ada (online maupun offline), banyak bertanya kepada berbagai pihak, baik pihak kampus, lingkungan tetangga ataupun keluarga dekat. Karena tak jarang, mereka memiliki informasi lowongan pekerjaan yang Anda butuhkan tersebut.

Selain itu, Anda pun dapat memanfaatkan relasi dan networking yang dimiliki untuk menembus lowongan pekerjaan di sebuah perusahaan yang Anda tuju. Upaya memanfaatkan relasi ini sah-sah saja Anda lakukan sepanjang tidak mengarah pada praktek KKN. Anda dapat memanfaatkan networking ini untuk menggali informasi terkait kebutuhan dan kompetensi yang diperlukan untuk menduduki posisi tersebut. Anda juga dapat berdiskusi dan mencari tahu kiat-kiat sukses agar dapat diterima dan bergabung menjadi bagian dari perusahaan yang Anda tuju. Adanya pengenalan yang matang terhadap jenis pekerjaan dan perusahaan yang dituju, akan membuat Anda semakin bersungguh-sungguh untuk melamar dan bergabung dengan perusahaan tersebut.

 

Fokus dan Pusatkan Perhatian

Ketika Anda membuka diri terhadap berbagai informasi lowongan pekerjaan yang tersedia, bisa jadi Anda akan mendapati berbagai informasi lowongan pekerjaan yang menarik perhatian dan ingin Anda coba.

Dalam hal ini, Anda perlu mengingatkan diri sendiri, lowongan pekerjaan seperti apa yang akan betul-betul Anda coba lamar. Anda perlu memusatkan perhatian dan minat yang telah dimiliki sebelumnya agar Anda terhindar dari sikap asal memilih lowongan pekerjaan. Meskipun  terdapat berbagai info terkait lowongan pekerjaan, namun Anda tetap perlu selektif dan fokus dalam memilih. Hindari sikap asal memilih ataupun sekedar coba-coba. Ingatkan diri, bahwa berawal dari pemilihan lowongan pekerjaan yang tepat akan memberikan dampak yang signifikan bagi perkembangan karir, wawasan, pengetahuan dan pendapatan yang akan Anda miliki kelak.

Sama halnya seperti Anda memilih jodoh, dalam memilih lowongan pekerjaan, Anda pun dituntut untuk memikirkan kesesuaian diri dengan lowongan yang dituju. Anda juga perlu memikirkan kembali terkait kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh masing-masing lowongan pekerjaan agar Anda tidak menyesal di kemudian hari.

Di sini, bukan berarti Anda menjadi seseorang yang pilih-pilih dalam bekerja. Namun di sini, Anda menampilkan proses pertimbangan yang matang dalam memilih lowongan pekerjaan agar dapat menekuni pekerjaan dalam kurun waktu tidak tertentu dan juga loyal bergabung dengan perusahaan yang telah Anda lamar ini secara sungguh-sungguh.

VN:D [1.9.16_1159]
Rating: 9.7/10 (3 votes cast)
VN:F [1.9.16_1159]
Rating: 0 (from 0 votes)
Mencari Lowongan Kerja Bagaikan Mencari Jodoh, 9.7 out of 10 based on 3 ratings

1 Response

  1. Claudia says:

    Winopo Wahyono – Saya yang bersangkutan :Nama : Winopo WahyonoTempat/Tgl. Lahir : Medan, 15 Mei 1977Pendidikan : Sarjana Teknik Sipil (S1)Alamat : Kompleks Perumahan Citra Raya Kawasan Graha Segovia jl. Segovia Raya Blok S.03/31 RT. 01/06 Cikupa Tangerang.Pengalaman teahirkr : Sebagai Teknisi/Tenaga Ahli di PT. Inti Utama Cahaya Perkasa, Professional Property Appraisers and Management Consultant di kantor cabang Batam.Mengajukan permohonan kerja untuk menjadi salah satu karyawan yang Bapak/Ibu pimpin.Besar harapan saya kiranya Bapak/Ibu berkenan untuk mempertimbangkannya.Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu berikan, saya haturkan terima kasih.Hormat saya,Winopo Wahyono

    VA:F [1.9.16_1159]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.16_1159]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>