Hambatan mencari pekerjaan dan solusinya

Jumlah tingkat pengangguran usia produktif di Indonesia yang mencapai 7,3 juta jiwa ternyata didominasi oleh usia produktif. Selain faktor ketatnya persaingan dalam memperebutkan lowongan kerja, faktor internal dari para pencari kerja juga merupakan salah satu alasan masih tingginya tingkat pengangguran di Indonesia.

Lowongan Kerja

Cari Lowongan Kerja. Gambar dari: http://vibiznews.com/

Berikut adalah alasan-alasan internal yang menghambat usia produktif mendapatkan pekerjaan, disertai dengan cara menanggulangi hambatan tersebut.

1. Ketidak tahuan untuk memulai

Meskipun zaman sudah begitu maju, dan para teknisi telah berhasil menciptakan smartphone yang semakin pintar, ternyata dunia kita masih menciptakan banyak orang yang tidak tahu bagaimana memulai pencarian kerja. Jika Anda termasuk orang yang tidak tahu bagaimana memulai pencarian kerja, maka sumber dayakan smartphone, ataupun laptop, ataupun komputer Anda. Gunakan piranti cerdas Anda tersebut untuk terhubung dengan jaringan internet. Selain dapat digunakan untuk eksis di media sosial, internet dapat Anda gunakan untuk mulai mencari Lowongan Pekerjaan. Lowongan pekerjaan dan tips-tips seputar pencarian kerja tersedia secara massive di dunia maya. Namun bahkan jika Anda masih bingung dengan solusi tersebut, gunakan jaringan pertemanan di sosial media Anda. Tanyakan pada teman Anda cara membuat CV, melamar pekerjaan secara online, dan bergabung dengan layanan Lowongan Kerja online seperti experdfresh.com

Situs Lowongan Kerja http://www.experdfresh.com

Situs Lowongan Kerja http://www.experdfresh.com

2. Tidak menemukan pekerjaan yang sesuai

Hanya ada sedikit sebab di balik alasan “tidak ada pekerjaan yang sesuai”, yaitu:

  • Anda tidak kompeten dalam bidang apapun
  • Anda tidak mau bergabung di situs pencari kerja seperti experdfresh.com

Ada banyak sekali jenis pekerjaan yang dapat Anda temukan dalam sebuah situs pencari kerja, yang dilengkapi dengan feature pencarian dengan kriteria tertentu. Yang harus Anda lakukan hanyalah duduk di depan laptop Anda untuk memilah-milah dan menyaring jenis pekerjaan seperti apa yang cocok untuk Anda.

3. Kurang percaya diri

Ada banyak alasan untuk menjadi tidak percaya diri. Ada hal-hal dalam diri kita yang tidak mudah untuk diubah, bahkan mungkin hanya Tuhan yang dapat mengubahnya (misalnya tampilan fisik, tingkat kecerdasan, kemampuan yang memang sudah “mentog”). Namun bukan berarti batasan-batasan tersebut harus menjadi kutukan seumur hidup untuk tidak mendapat pekerjaan. Bahkan hal-hal terkecil di dunia ini-pun dibutuhkan keberadaannya. Sekali lagi, temukan potensi dan minat terbesar Anda, sesuaikan dengan kemampuan Anda, dan mulailah mencari jenis pekerjaan yang paling tepat untuk Anda. Salah satunya dengan poin nomor 2 di atas.

Kursus on-line Internasional gratis

Kursus on-line Internasional gratis

Untuk mendongkrak kepercayaan diri Anda, teruslah asah kemampuan dan potensi dengan mengikuti kursus-kursus yang mendorong skills Anda. Jika Anda masih beralasan tidak mampu ikut kursus karena tidak mempunyai uang, saat ini ada banyak sekali kursus-kursus gratis secara online. Salah satu yang direkomendasikan adalah https://www.coursera.org/courses

Ada banyak sekali jenis kursus resmi yang ditawarkan secara gratis oleh berbagai universitas Internasional secara online di situs ini. Jadi berhentilah beralasan tidak punya uang untuk mengembangkan potensi diri Anda. Berhentilah menggunakan alasan tidak percaya diri jika Anda belum benar-benar mengupayakan secara maksimal usaha Anda.

4. Kualifikasi yang ditawarkan terlalu rendah

Ada pepatah yang mengatakan Tuhan benci orang kaya yang sombong, tapi saya percaya bahwa Tuhan lebih bete lagi kepada orang yang belum kaya (bahkan tidak mempunyai pekerjaan tetap) tapi sudah sombong. Memang hidup harus menggunakan standar dan tujuan yang jelas. Namun harus dilihat juga realita kehidupan Anda. Sekali lagi, temukan potensi dan minat terbesar Anda, sesuaikan dengan kemampuan Anda, dan mulailah mencari lowongan kerja yang paling tepat untuk Anda. Jika memang tidak ada pekerjaan yang memenuhi standar Anda, mungkin sudah waktunya bagi Anda untuk merenungkan kembali standar Anda. Daripada terkatung-katung menunggu harapan yang belum pasti, ada baiknya Anda mengambil pekerjaan yang terlihat sederhana dan di bawah standar Anda tersebut. Namun jika pekerjaan tersebut memang benar-benar tidak membuat Anda bahagia, berarti sudah menjadi tugas Anda untuk menciptakan pekerjaan yang sesuai dengan standar Anda tersebut :)

VN:F [1.9.16_1159]
Rating: 9.3/10 (4 votes cast)
VN:F [1.9.16_1159]
Rating: 0 (from 0 votes)
Hambatan mencari pekerjaan dan solusinya, 9.3 out of 10 based on 4 ratings

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>