Fashion Hijab Wanita Karir

Berhijab tidak menghalangi seseorang untuk tampil anggun namun tetap memegang teguh pedoman wanita muslimah. Wanita karir berhijab seringkali bingung memilih pakaian yang cocok untuk pergi bekerja. Karena keterbatasan baju lengan panjang sehingga kadang membuat Anda buntu untuk bergaya di kantor. Anda hanya perlu mengumpulkan pakaian basic Anda seperti kemeja, celana panjang atau rok dan luaran seperti blazer. Dengan beberapa sentuhan dan kreativitas, pakaian basic tersebut akan membuat penampilan Anda fashionable tapi juga ready to work. Berikut panduannya:

  1. Pakaian kerja muslimah khaidahnya dengan gaya-gaya klasik dapat dikreasikan dengan bermain warna. Yang patut dicatat adalah Anda harus memiliki dulu item-item wajib di lemari s eperti kemeja, rompi, coat selutut, long coat, celana dan rok panjang.
  2. Gunakan blazer. Blazer adalah busana yang bisa digunakan dalam suasana santai maupun formal. Gunakan blazer sebagai luaran Anda saat menggunakan maxi skirt maupun celana. Blazer membuat penampilan Anda lebih tegas dan nampak professional
  3. Sesuaikan padanan busana kerja dengan kebijakan kantor. Untuk kantor dengan lingkungan formal sebaiknya pilih warna lebih gelap dan tidak terlalu mencolok. Sedangkan untuk lingkungan kerja kreatif, Anda bisa lebih bermain warna dengan warna yang lebih cerah.
  4. Pilih pakaian dengan bahan dasar polyester yang dicampur dengan katun. Bahan tersebut selain cocok untuk daerah tropis juga tidak mudah kusut dan lebih berkesan formal. Bila Anda ingin penampilan yang casual namun tetap gaya, gunakan celana panjang yang dipadu dengan kemeja panjang. Gunakan belt di luar kemeja dan pilihlah belt yang ramping agar lebih cantik dilihat.
  5. Untuk kesan lebih formal saat akan bertemu klien, Anda bisa memadukan rompi atau long coat. Long coat juga cocok digunakan untuk busana perjalanan bisnis.
  6. Busana kerja yang feminin dan chic bisa Anda terapkan sekalipun Anda menggunakan rok panjang. Anda bisa memanfaatkan maxi dress atau maxi skirt dengan warna-warna yang cerah atau pastel. Bisa juga menggunakan rok sepan, tapi jangan terlalu ketat ya, ukhti. Padukan dengan blouse bila Anda menggunakan maxi skirt, atau gunakan cardigan bila Anda menggunakan maxi dress.
1427081233335

model: tiara zovi

 

  1. Untuk hijab sebaiknya pilih warna yang tidak mencolok. Jangan gunakan hijab dengan banyak motif jika Anda mengenakan batik. Pilihlah salah satu warna dominan dari pakaian untuk dipakai sebagai warna hijab.

 

model: @r_yuni

model: @r_yuni

Tips berbusana wanita berhijab

Selanjutnya, bagaimana pakaian yang seharusnya dipakai oleh seorang wanita berhijab agar tampil stylish namun tidak melanggar ketentuan. Karena banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka berpakaian lebih ketat dari wanita tanpa hijab. Padahal penampilan mereka dilihat banyak orang. Untuk tetap syar’i, berikut tipsnya:

  • Hindari pemakaian legging
    Kehadiran legging seperti membuat harapan baru bagi wanita yang bertubuh gemuk. Selain bahannya enak, sifatnya juga lentur. Namun anda salah, legging hanya dipakai sebagai inner ketika memakai bawahan maupun terusan berupa rok. Karena legging akan membuat lekuk tubuh semakin kentara. Itu artinya sama saja memperlihatkan aurat. Maka gunakan sebagai inner, bukan bawahan utama. Selain itu, pemakaian legging saat ke kantor akan memberikan kesan tidak formal.
  • Pilih motif yang tidak terlalu besar
    Motif besar hanya membuat anda terlihat gemuk. Selain itu hindari aksesoris di bagian pinggul, pinggang dan dada. Selain itu sebaiknya gunakan atasan sepanjang paha untuk menutupi bagian belakang dengan sempurna.
  • Selektif memilih bahan kerudung
    Pilihlah bahan kerudung yang lembut, tipis dan memberi kesan jatuh seperti sifon. Jika anda memakai kerudung berbahan kaku, maka anda hanya membuat bagian dada terlihat gemuk.
  • Bahan pakaian
    Jangan gunakan bahan yang tipis karena akan memperlihatkan aurat. Pakaian tipis harus dilapisi dengan baju lain. Sehingga gaya berbusana anda tidak melanggar ketentuan.

 

Selain itu hal yang terpenting dan juga harus diperhatikan adalah bagaimana penampilan kita saat hendak melamar pekerjaan untuk wanita berhijab, berikut tipsnya:

  1. Pakaian Sopan

Dalam wawancara kerja, penampilan dan pakaian yang Anda gunakan menjadi hal utama yang terlihat untuk menilai tingkat kesopanan Anda dalam bekerja. Paling penting pakaian harus sopan dan tidak ketat. Pakaian yang sopan akan membentuk image positif bagi siapa saja yang melihat, termasuk pihak perusahaan yang mewawancara.

  1. Harus Formal 

Jenis pakaian formal yang perlu anda gunakan ketika akan wawancara kerja antara lain kemeja formal atau blazer. Pakaian formal tersebut perlu dipadukan dengan jenis hijab yang formal (sebaiknya polos dan tidak banyak motif) supaya memberikan kesan bahwa Anda telah siap melaksanakan wawancara dan bekerja secara formal di tempat Anda melamar.

  1. Polos dan Elegan

Sebaiknya, Anda memilih warna-warna polos seperti hitam, putih, tetapi abu-abu paling disarankan untuk menunjukkan sisi tampilan yang elegan. Selain itu, jangan lupa padukan dengan warna hijab yang tepat supaya penampilan Anda terlihat serasi dan enak dipandang.

  1. Hindari Motif yang Ramai

Pakaian formal yang dikenakan ketika Anda menghadapi tes wawancara kerja sebaiknya yang berwarna polos saja. Karena pakaian dengan motif pakaian yang ramai dan berlebihan akan mengurangi sisi elegan Anda ketika diwawancara. Jika Anda ingin menggunakan pakaian yang bermotif, sebaiknya pilihlah motif yang sesimpel dan seminimalis mungkin hanya untuk menghindari kesan yang monoton pada tampilan Anda. Dengan begitu, kesan elegan tetap terlihat dari cara berpakaian dan penampilan Anda.

  1. Simpel dan Sederhana

Ketika Anda akan mengikuti wawancara kerja, hindarilah keinginan untuk membuat hijab dengan model baru yang macam-macam rupa. Selain akan memakan waktu dan mengganggu konsentrasi, hal tersebut juga akan terlihat rumit dan memberi kesan yang kurang baik. Jadi sangat disarankan bagi Anda untuk memilih dan menggunakan jenis hijab yang simpel namun tetap formal dan sopan.

  1. Hijab yang Rapih

Sebelum memakai hijab, pastikan hijab yang Anda pakai sudah disetrika rapih dan tidak ada garis-garis lipatan yang terlihat. Hal ini guna untuk menggambarkan kesiapan Anda untuk melamar kerja.

  1. Tidak Berlebihan

Penggunaan Asesoris sebaiknya tidak berlebihan. Gunakan hanya 3 titik saja, misalnya jika sudah menggunakan bros tidak perlu memakai kalung lagi. Selain itu, penggunaan make up yang simpel juga perlu dilakukan supaya tidak memberi kesan menor dan berlebihan saat wawancara. Gunakan lipstick yang tidak berwarna terlalu terang ataupun terlalu gelap.

  1. Senada Keseluruhan

Fashion ketika wawancara mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki seperti hijab, kemeja, blazer, celana, dan tas hingga sepatu perlu dipilih dengan warna yang senada agar terlihat serasi dan enak dipandang. Memilih warna fashion ketika wawancara kerja juga bisa menggambarkan karakteristik Anda.

  1. Nyaman Digunakan

Hal terakhir dan harus diperhatikan dalam berbusana adalah kenyamanan. Pakailah pakaian yang membuat Anda nyaman. Nyaman dalam arti Anda tidak sibuk sendiri membetulkan jilbab yang melorot, atau baju dari bahan yang membuat Anda gerah atau tidak nyaman saat wawancara berlangsung.

Semoga dengan beberapa tips di atas, membuat Anda sebagai wanita berhijab menjadi lebih terlihat fashionable untuk pergi ke kantor namun tetap mengikuti kaidah-kaidah yang ada. Selamat mencoba cantik :)

VN:F [1.9.16_1159]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
VN:F [1.9.16_1159]
Rating: +1 (from 1 vote)

1 Response

  1. prakoso says:

    Pengin cari calon istri yang berhijab…hehehe

    VA:F [1.9.16_1159]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.16_1159]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>